Apa Itu Penyakit Difteri? Yuk, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Kenali Penyakit Difteri
Seorang bocah tengah mendapatkan Vaksin MR

POJOKSATU,id-Penyakit Difteri telah mewabah, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahkan menetapkan Kejadian Luar Biasa. Namun, tidak sedikit warga yang belum mengetahui apa itu penyakit Difteri.


Dikutip dari situw www.alodokter.com, Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa.

Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Penyebaran bakteri ini dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri.

Ada sejumlah cara penularan yang perlu diwaspadai, seperti, terhirup percikan ludah penderita di udara saat penderita bersin atau batuk. Ini merupakan cara penularan difteri yang paling umum.


BACA : Difteri Mewabah, Kemenkes Fokus di Tiga Provinsi. Ini yang Akan Dilakukan!

Barang-barang yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, contohnya mainan atau handuk. Sentuhan langsung pada luka borok (ulkus) akibat difteri di kulit penderita.

Penularan ini umumnya terjadi pada penderita yang tinggal di lingkungan yang padat penduduk dan kebersihannya tidak terjaga.

Bakteri difteri akan menghasilkan racun yang akan membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan, sehingga akhirnya menjadi sel mati. Sel-sel yang mati inilah yang akan membentuk membran (lapisan tipis) abu-abu pada tenggorokan.