Penelitian: Coba Cara Ini, Agar Nafsu Makan Berkurang!

Cara mengurangi nafsu makan
Cara mengurangi nafsu makan

POJOKSATU.id, INGGRIS- Sebuah cara bisa Anda terapkan demi usaha menjaga bentuk tubuh yang membuahkan hasil. Tidak terlalu sulit, yang dibutuhkan hanya makan dengan tangan yang tidak dominan digunakan. Misalnya jika Anda biasa makan dengan tangan kanan, cobalah pakai tangan kiri saat mengambil atau menyuap santapan dan sebaliknya.

“Salah satu cara paling sederhana untuk makan lebih sadar dan pelan adalah dengan memaksa dirimu untuk makan dengan tangan yang tidak dominan. Cara itu mungkin terlalu berlebihan untuk diterapkan setiap makan, tetapi coba lakukan untuk makan malam yang mana kita biasa makan paling banyak,” ungkap Brandon Nguyen yang merupakan penulis dan founder ChillPill kepada Cosmpolitan

Anda mungkin meragukan cara yang kelihatannya kurang relevan itu untuk menurunkan berat badan. Namun Brandon memiliki alasan yang cukup masuk akal di balik tips diet tidak biasa tersebut. Menurutnya makan dengan tangan yang tidak dominan bisa membuat sinyal kenyang benar-benar sampai ke otak.

“Alasannya adalah cara itu bisa membuat kita makan lebih lama, yang mana akan memberikan perutmu kesempatan untuk mengirim sinyal pada otak bahwa kamu sudah kenyang,” tambah Brandon.

Makan dengan tangan yang tidak biasa digunakan bisa mencegah konsumsi berlebih juga pernah dibuktikan lewat penelitian. Riset tersebut bahkan diketahui bisa mengurangi jumlah makan yang diasup sekitar 30%.

“Tindakan ini secara aktif mengganggu pola makanmu. Jadi, cara itu tidak nyaman dan membuatmu berpikir ‘apa aku lapar?’ Jika jawabannya tidak, berhentilah makan,” kata Susan Hepburn selaku hipnoterapis dan psikoterapis yang spesialisasi pada diet dan penurunan berat badan.

(Sikah/Pojoksatu)

Loading...