Gary Kobinger Ciptkan Vaksin Zika, Segera!

Foto Ilustrasi; Virus Zika
Foto Ilustrasi; Virus Zika

POJOKSATU.id, WINNIPEG- Ancaman virus zika benar- benar membuat resah. Ilmuwan Kanada yang juga anggota konsorsium pengembangan vaksin, Gary Kobinger mengaku tengah mempersiapkan virus zika.

Vaksin untuk virus zika dapat digunakan untuk keadaan darurat sebelum akhir tahun ini. Hal tersebut dikemukakan pengembang vaksin untuk penyakit yang terkait dengan kecacatan kelahiran yang menimpa ribuan bayi itu.

Gary Kobinger mengaku tahap pertama pengujian pada manusia bisa dilakukan paling cepat pada Agustus. Jika sukses, vaksin tersebut bisa digunakan untuk keadaan gawat darurat mulai Oktober atau November.

Mengutip dari Japan Times “Hal pertama yang perlu disiapkan adalah kemungkinan terburuk,” ujar Kobinger.


Ilmuwan yang turut mengembangkan vaksin ebola itu mengaku akan segera mencarikan solusi untuk mengatasi penyakit Zika.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) memiliki dua kandidat potensial vaksin zika. AS akan melakukan uji coba klinis pada masyarakat pada akhir tahun namun tidak akan membuat vaksin tersebut secara luas untuk beberapa tahun ke depan.

Presiden Direktur Inovio Pharmaceuticals Joseph Kim yang menjadi rekanan Kobinger mengaku, untuk membuat vaksin siap tahun ini, adalah keinginan yang agresif. Namun hal itu memungkinkan.

“Saya percaya ini akan segera berlanjut ke uji coba pada manusia. Kami percaya, kami terdepan untuk menyediakan vaksin zika,” ujar Joseph Kim.

(Sikah/Pojoksatu)