Di Brazil, Virus Zika Menyebar Melalui Gigitan Nyamuk

nyamuk virus zika, virus zika
Virus zika banyak menyerang ibu hamil

Pedro Pierluisi, anggota kongres Puerto Rico menghimbau agar warga dan turis waspada tehadap nyamuk yang menjadi sumber penularan Virus Zika.

Pedro memaparkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Puerto Rico akan bekerja mulai bulan Januari. Tujuan utamanya adalah mengedukasi para dokter tentang virus ini dan bagaimana cara penanganan yang tepat, (5/1/2015)

Virus Zika dapat mengakibatkan banyak kasus penyakit saraf di Brazil. Sebagian besar virus ditemukan pada ibu hamil yang menyebabkan anak lahir dengan gangguan saraf atau cacat.

Di Indonesia, Lembaga Biomolekular Eijkman untuk pertama kalinya melaporkan infeksi virus ini pada bulan November 2015 lalu. Prof Amin Soebandrio, Kepala Lembaga Biomolekuler Eijkman, mengatakan virus ini masih bersaudara dengan virus demam berdarah. Meski begitu keganasannya jauh di bawah demam beradarah.


Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, dr HM Subuh, MPH infeksi virus zika hampir sama dengan demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes. Gejalanya antara lain demam, gangguan mata, serta nyeri pada persendian.

Meski tidak lebih ganas dari demam berdarah, terutama memasuki musim hujan selain warga diminta untuk waspada, HM juga akan melakukan penyelidikan epidemologi terhadap hal ini.

(Sikah)