4 Hal Buruk yang Terjadi Saat Anda Tak Sikat Gigi

Menyikat gigi
Menyikat gigi. Foto: Huffingtonpost

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menjaga kebersihan mulut sangatlah penting untuk kesehatan tubuh Anda. Jika tidak, maka banyak hal yang buruk akan terjadi.

Menurut Dr. Mark S. Wolff, pakar gigi dari New York University, ada beberapa tahapan perubahan gigi bergantung lama tidaknya Anda tak menggosoknya.

Memang, enggan menyikat gigi bukan hanya terjadi di Indonesia. Di Amerika Serikat, juga sempat diumumkan bahwa 30 persen masyarakat mereka, saat ini enggan menyikat gigi. Berikut hal buruk yang terjadi saat Anda tak menyikat gigi.

1. Satu hari


Dr. Wolff menjelaskan bahwa jika Anda tidak menyikat gigi satu hari saja maka plak tipis mulai muncul (deposit lengket di luar gigi yang mengandung bakteri) mulai terbentuk.

2. Satu minggu

Setelah sekitar tujuh hari tanpa menyikat, akumulasi plak menjadi sedikit lebih tebal dan berbau,” ungkap Dr. Wolff dilansir situs yahoo, Selasa (22/12/2015).

Dia juga menyebut antara tiga hari dan satu minggu, kita mulai melihat awal gingivitis, suatu bentuk penyakit gusi. Bahkan, gusi bisa berdarah sedikit.

3. Satu bulan

Setelah 30 hari tanpa menggunakan sikat gigi, Dr. Wolff menjelaskan bahwa bakteri yang hidup di dalam mulut Anda memulai proses merusak gigi Anda.

Ini adalah waktu ketika bintik-bintik putih terbentuk pada gigi. Sementara bintik-bintik putih bisa terjadi karena berbagai alasan yaitu nutrisi, genetika atau asupan yang berlebihan dari fluoride namun dalam hal ini, ini menunjukkan enamel dekalsifikasi, tanda pertama kerusakan gigi.

4. Satu tahun

Pada saat seseorang tidak menyikat gigi selama setahun, maka air liur mereka dapat membuat kerusakan gigi.

Itulah hal buruk yang terjadi saat Anda tak menyikat gigi.

(fny/jpnn/pojoksatu/zul)