Rambut Lepek dan Bau? Coba Gunakan 4 Bahan Alami Ini

rambut, wajah, make up, riasan wajah, riasan rambut
ilustrasi. Foto: hercampus

POJOKSATU.id, JAKARTA – Bagi kaum hawa, rambut adalah mahkota. Rambut yang indah dan wangi tentu menambah rasa percaya diri. Namun, terkadang kegiatan lapangan, bertemu sinar matahari, dan juga keringat sering membuat rambut lepek dan juga bau.

Nah, bagiĀ  yang sering mengalami hal ini bisa nyobain beberapa tips mudah atasi rambut bau.

Seperti dilansir laman boldsky, Kamis (3/12/2015), berikut 4 bahan alami yang membuat rambu wangi.

1. Baking soda


Baking soda adalah salah satu tips mudah yang bisa kamu coba untuk tendang jauh bau rambut yang mengganggu. Selain itu baking soda juga bakal mengurangi kadar minyak di kulit kepala.

Campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:3, aduk sampai rata dan oleskan pada rambut basah. Diamkan selama lima menit dan bilas dengan air dingin.

2. Tomat

Tomat adalah bahan yang mudah ditemui dan sangat murah ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat rambut wangi dan jauh dari bau tak sedap. Haluskan saja tomat dan oleskan pada rambutmu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu keramaslah seperti biasa.

Kandungan zat dalam tomat akan membantu menjaga keseimbangan pH pada rambut dan mengurangi bau keringat.

3. Kulit jeruk

Wangi kulit jeruk yang sangat segar sudah jelas akan membuat siapa saja lebih bersemangat. Nah, kamu bisa banget memanfaatkan kulit jeruk untuk membuat rambut jadi lebih wangi dan segar.

Caranya super gampang loj. Rebus saja kulit jeruk sampai mendidih dan diamkan sampai dingin. Cuci rambutmu dengan air ini dan rasakan bedanya. Rambutmu akan jadi lebih segar dan bebas bau.

4. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur yang akan membuat rambut lebih sehat. Setelah keramas dengan shampoo yang lembut keringkan rambutmu.

Setelah itu teteskan beberapa tetes minyak lavender pada telapak tangan dan pijatkan pada kulit kepala. Ini akan menjaga agar rambut tidak bau.

Itulah 4 bahan alami yang membuat rambu wangi.

(fajar/pojoksatu/zul)