Hati-Hati! Konsumsi Antibiotik Bisa Picu Diabetes Tipe 2

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Baru-baru ini ilmuwan memperingatkan kita bahwa terlalu banyak mengonsumsi antibiotik bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Studi yang dipubliaksikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ini menyatakan bahwa mereka yang mengonsumsi antibiotik selama 15 tahun berturut-turut terbukti 53 persen lebih berisiko dengan penyakit tersebut dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi.

Meski antibiotik didesain untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, namun pil jenis ini juga diketahui bisa membunuh bakteri baik di usus, yang sering ebrujung pada gangguan pencernaan dan metabolisme tubuh. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap penyerapan gula dalam tubuh kita.

Pemimpin penelitian, Dr Kristian Mikkelsen, dari Gentofte Hospital, Hellerup, Denmark, mengatakan, penelitian ini menemukan kalau penderita diabetes tipe 2 diketahui lebih banyak mengonsumsi antibiotik dibandingkan dengan yang tidak.


“Meski belum bisa mengetahui secara pasti, kami cukup yakin kalau konsumsi antibiotik lah yang sangat mempengaruhinya,” tegasnya dilansir dailymail, Jumat (28/8/2015).

Sementara itu, Professor Jodi Lindsay dari St George’s University of London menambahkan, penelitian ini semakin menguatkan bukti kalau antibiotik memang sangat berisiko memicu diabetes tipe 2.

(cr3/lya)