Mengenal Penyakit Meningitis yang Diderita Olga Syahputera

Meningitis ilustrasi
Meningitis ilustrasi
Meningitis ilustrasi
Meningitis ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Penyakit meningitis? Iya, inilah penyakit yang menyerang Olga Syahputra yang baru saja meninggal Jum’at (27/3) lalu.

Namun,  tahukah anda apa itu penyakit meningitis? Penyakit meningitis termasuk jenis penyakit langka selaput halus pelindung (meninges) yang menutupi otak dan saraf tulang belakang.

Menurut dr. Siti Rohmi,  SpPd. penyebab meningitis dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu Bakterial, Viral, dan fungal Meningitis. Meningitis hampir selalu disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai di tempat lain dalam tubuh.

Biasanya bakteri atau virus yang tumbuh itu menyerang telinga, sinus, atau saluran pernapasan bagian atas. Sementara penyebab lain Meningitis yang jarang terjadi termasuk infeksi jamur, gangguan autoimun (sistem kekebalan tubuh), dan obat-obatan.


“Jika tidak ditangani dengan cepat, hal itu dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam atau akan menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan bagian lain dari tubuh,” tutur nya pada pojoksatu.id. (zul)