Waduh, Lama Menjoblo Tenyata Mempercepat Kematian

Kartun Jomblo

POJOKSATU.id, JAKARTA- Lama menjadi jomblo ternyata mempercepat kematian. Ini hasil sebuah penelitian dari Utah’s Brigham Young University yang dipublikasikan akhir pekan ini.

Kesendirian alias jomblo mempunyai persentase kematian yang sama seperti obesitas, merokok, dan kebiasaan minum alkohol.

Peneliti dari Utah’s Brigham Young University mengatakan, risiko kematian dini akibat kesendirian dan isolasi sosial lebih banyak terjadi pada kaum muda daripada orang dewasa atau lansia.


“Dengan semakin meningkatnya angka populasi yang tinggal sendiri di zaman ini, kita memprediksikan kemungkinan epidemi orang yang kesepian di masa depan,” kata peneliti, seperti dilansir dari Torontosun, kemarin.

Peneliti mempelajari data dari lebih tiga juta orang dari studi yang memasukkan informasi mengenai kesendirian, isolasi sosial, dan kehidupan sendiri. Meskipun ada aspek terkontrol seperti pendapatan, usia, gender, dan kondisi kesehatan, risiko tetap saja ada.

Mereka menemukan bahwa ketiga aspek yang diteliti meningkat risiko seseorang terhadap kematian dini masing-masing mencapai 26 persen, 29 persen, dan 32 persen. “Efek dari kehidupan seperti itu terhadap kematian dini sama seperti epidemi obesitas,” kata penulis studi, Julianne Holt-Lunstand.

Peneliti, yang studinya di publikasikan dalam jurnal Perspectives on Psychological Science, menyarankan agar kita mampu melakukan hubungan sosial lebih baik dan serius untuk menghindari kemungkinan tersebut.

Studi sebelumnya dari peneliti yang sama menempatkan risiko kematian akibat kesendirian pada kategori yang sama dengan risiko kematian akibat merokok 15 batang setiap hari dan menjadi pemabuk alkohol. (ida/ns/ps)