Wanita Tanpa Busana Tampil di Festival Film, Tubuhnya Dicat Warna Bendera Ukraina

Wanita tanpa busana di festival film
Wanita tanpa busana di festival film.

POJOKSATU.id, CANNES – Seorang wanita tanpa busana tampil di karpet merah Festival Film Cannes pada Jumat 20 Mei 2022.


Ia menanggalkan pakaian di Festival Film Cannes untuk memperlihatkan tubuhnya yang dicat dengan warna bendera Ukraina dengan tulisan “Hentikan Pemerkosaan Kami”.

Wanita tanpa busana itu berpose dan berteriak di depan panggung.


Wanita tanpa busana tersebut meminta untuk difoto sebelum digiring oleh petugas keamanan.

Aksi tersebut sempat mengganggu parade para tamu yang mengenakan pakaian malam, termasuk Tilda Swinton dan Idris Elba, yang menghadiri pemutaran perdana film mereka Three Thousand Years of Longing oleh George Miller.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bulan lalu para penyelidik telah menerima laporan tentang ratusan kasus pemerkosaan di daerah-daerah yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Rusia, termasuk serangan seksual terhadap anak-anak kecil.

Zelensky, seorang mantan aktor, meluncurkan video permohonan bantuan untuk negaranya pada upacara pembukaan Cannes pada hari Selasa.

Perang telah menjadi tema utama di festival tersebut, dengan pemutaran khusus. Salah satunya menceritakan tentang Mariupolis 2, sebuah film dokumenter yang disutradara Lituania Mantas Kvedaravicius yang terbunuh di Ukraina bulan lalu dilaporkan oleh pasukan Rusia.

Ada pula film yang disutradai Sergei Loznitsa. Karyanya dalam The Natural History of Destruction, tentang pemboman kota-kota Jerman dalam Perang Dunia II.

Festival Film Cannes ke-75 mencurahkan perhatian khusus pada perang di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara pada upacara pembukaan gala sebagai tamu kejutan melalui tautan video dari Kyiv, meminta solidaritas dunia perfilman dengan rakyatnya dalam menghadapi invasi Rusia.

“Pada akhirnya, kebencian akan hilang dan diktator akan mati,” katanya kepada penonton yang memberinya tepuk tangan meriah.

Setelah dua tahun di mana pandemi Covid-19 meredam etalase bioskop top dunia, topeng-topeng dilepas, kartu kesehatan tidak lagi diperlukan dan bintang-bintang dari seluruh dunia siap berpesta.

Forest Whitaker (60) yang meraih Academy Award untuk The Last King of Scotland dan membintangi film kultus seperti Ghost Dog dan hit TV baru-baru ini Godfather of Harlem, menerima penghargaan Palme d’Or pada upacara pembukaan pada Cote d’Azur.

Dia adalah pemain reguler di festival tersebut, setelah memenangkan penghargaan aktingnya pada tahun 1988 untuk perannya sebagai legenda jazz Charlie Parker di Clint Eastwood’s Bird.

“Ketika saya datang ke Cannes, saya diakui sebagai seniman untuk pertama kalinya secara internasional,” katanya kepada wartawan.

“Itu benar-benar mengubah hidup saya dan lintasan karir saya dalam beberapa hal, karena itu membuat saya terlihat sebagai seorang seniman dan bukan hanya seorang pemain.”

Penumpang memadati kawasan pejalan kaki tepi pantai Croisette menjelang pemutaran perdana karpet merah pertama, Final Cut, surat cinta komedi untuk pembuatan film dan film zombie Z-list dari tim di belakang The Artist pemenang Oscar.

Sutradaranya Michel Hazanavicius mengatakan ini adalah perayaan yang menggembirakan bagi para pecinta film, yang saya harap akan mendorong orang lain untuk terlibat. (disway)