Draft Kesepakatan Belum Siap Diberikan, Rencana Pertemuan Putin dan Zelensky Belum Bisa Digelar

Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto Reuters

POJOKSATU.id, JAKARTA— Draft kesepakatan masih belum siap diberikan dalam pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Rencana pertemuan belum bisa digelar.


Rusia menegaskan perkembangan situasi antara Moskow dan Kiev masih belum cukup untuk mengadakan pertemuan antara Presiden Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Minggu (3/4).

“Draft kesepakatan masih belum siap diberikan dalam pertemuan pihak atas,” kata Kepala Negosiator Rusia, Vladimir Medinsky, Minggu (4/3) dalam tulisan Telegram, dikutip dari Reuters.


Vladimir Medinsky menuturkan, ia tak memiliki optimisme yang sama dengan negosiator Ukraina, David Arakhamia.

Baca Juga:

Usai Rusia Kalah Perang, Pembantaian Sadis Terungkap di Bucha Ukraina, Puluhan Mayat Dibiarkan Berserakan di Jalan

Sebelumnya, Arakhamia mengatakan draft kesepakatan yang dibuat sudah cukup maju untuk dikonsultasikan ke Putin dan Zelensky.

“Sayangnya, saya tidak merasakan optimisme yang sama dengan Arakhamia,” kata Medinsky.

Tak hanya itu, Vladimir Medinsky menilai pembicaraan terkait Crimea dan dua wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia masih mandek.

Rusia juga menekankan posisi mereka atas status wilayah Crimea dan Donbas tak berubah.

“Saya kembali menyatakan, posisi Rusia di Crimea dan Donbas tetap tidak berubah,” katanya lagi.

Meski demikian, Medinsky mengatakan Ukraina mulai memperlihatkan pendekatan yang lebih realistis dalam dialog perdamaian.

Ia juga mengakui Ukraina setuju untuk menjadi negara netral, tanpa senjata nuklir, tidak masuk dalam blok militer, dan menolak menjadi tuan rumah pangkalan militer tertentu.

Selain itu, Medinsky mengatakan pembicaraan antar kedua kubu akan kembali diadakan lewat konferensi video pada Senin (4/4). (ral/pojoksatu)