Tembok Besar China Runtuh 2 Meter di Gansu Imbas Gempa Magnitudo 6,9 Guncang Qinghai

Tembok besar China (net)

POJOKSATU.id, BEIJING — Tembok Besar China runtuh sepanjang 2 meter di sektor Kabupaten Shandan, Provinsi Gansu, akibat gempa magnitudo 6,9 yang mengguncang Provinsi Qinghai.


Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 skala richter di kedalaman 10 kilometer terjadi di Provinsi Qinghai, Senin (10/1/2022).

Lokasi runtuhnya Tembok Besar China tersebut sekitar 114 kilometer dari episentrum gempa di Kabupaten Menyuan, Provinsi Qinghai.

Diketahui total panjang Tembok Besar China adalah 21.196 km.


Setelah terkena guncangan hebat, otoritas setempat melakukan pemeriksaan benda peninggalan budaya dan mengamankan lokasi reruntuhan.

Bagian Tembok Besar China sepanjang dua meter di daerah Shandan, Provinsi Gansu, China Barat Laut, terlihat hancur.

Padahal pusat gempa berjarak 114 kilometer dari lokasi bagian tembok tersebut.

Media China, Global Times, melaporkan gempa melanda daerah yang minim penduduk tetapi getaran terasa hingga beberapa kota besar.

Tidak ada laporan soal korban jiwa, namun sebanyak 9 orang terluka akibat gempa.

Tembok besar merupakan peninggalan Dinasti Ming yang berkuasa pada 1368 hingga 1644. Upaya penyelamatan dilakukan dengan melakukan pekerjaan restorasi.

Qinghai dan Gansu merupakan provinsi bertetangga di wilayah baratlaut daratan China.

Tidak ada korban tewas akibat gempa yang terjadi pada Sabtu (8/1/2022), namun sembilan orang mengalami luka-luka. Permukiman terdekat dengan episentrum gempa berjarak sekitar 40 kilometer. (ral/int/pojoksatu)