Uskup Agung Desmond Tutu Meninggal Dunia, Dalai Lama: Kita Telah Kehilangan Pria Hebat

Desmond Tutu (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama Tenzin Gyatso, menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Uskup Agung Desmond Tutu pada Minggu (26/12) atau kemarin.


Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama Tenzin Gyatso, menjadi salah satu tokoh besar dunia yang merasa kehilangan atas meninggalnya Uskup Agung Desmond Tutu.

Lewat sebuah surat belasungkawa yang dikirimkan kepada putri Tutu, Pendeta Mpho Tutu, Dalai Lama memuji uskup agung karena atas perannya sebagai tokoh kemanusiaan sejati dan seorang advokat yang berkomitmen untuk hak asasi manusia.

“Dengan meninggalnya dia, kita telah kehilangan seorang pria hebat, yang menjalani kehidupan yang benar-benar bermakna,” tulis Dalai Lama dari rumahnya di Dharamsala di India utara, seperti dikutip dari NDTV, Senin (27/12).


“Dia mengabdikan diri untuk melayani orang lain, terutama mereka yang paling tidak beruntung,” jelasnya.

“Saya yakin penghargaan terbaik yang bisa kita berikan untuknya dan menjaga semangatnya tetap hidup adalah melakukan apa yang dia lakukan dan terus-menerus melihat bagaimana kita juga bisa membantu satu sama lain,” ujarnya.

Dalai Lama dan Desmond Tutu telah lama menjalin persahabatan yang erat.

Keduanya pernah bertemu dalam banyak kesempatan, terutama pada tahun 201.

Ketika Tutu menghabiskan seminggu di Dharamsala ketika mereka bergulat dengan masalah bagaimana meningkatkan kedamaian dan kesejahteraan di dunia.

Diskusi tersebut menghasilkan sebuah buku, Book of Joy, yang diterbitkan pada tahun berikutnya. (rmol/pojoksatu)