Xi Jinping Tak Hadir, Joe Biden Berang, ‘Fakta Bahwa China Mencoba Menegaskan Pemimpin Dunia…’

Presiden China Xi Jinping (ist)

POJOKSATU.id, GLASGOW – Pesiden Amerika Serikat Joe Biden berang dan menyebut tindakan Xi Jinping yang tak hadir ke KTTCOP26 di Glasgow Skotlandia sebagai sebuah kesalahan besar.


Presiden China Xi Jinping diketahui tak menghadiri KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia, Senin-Selasa waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/11/2021), Presiden AS Joe Biden menilai langkah China melewatkan KTT COP26 di Glasgow sebagai sikap menjauh dari aspirasi kepemimpinan global.

Dia mempertanyakan kepemimpinan China yang seperti berkeinginan menjadi pemimpin dunia. Namun dengan ketidakhadiran di Glasgow ini, hal itu menegaskan pemimpin dunia itu tak muncul.


“Fakta bahwa China mencoba untuk menegaskan, dapat dimengerti, peran baru di dunia sebagai pemimpin dunia – tidak muncul, ayolah,” kata Biden pada konferensi pers di Glasgow.

“Itu hanya masalah besar dan mereka pergi. Bagaimana Anda melakukannya dan mengklaim dapat memiliki kepemimpinan?” lanjut Biden menambahkan bahwa hal yang sama berlaku untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Joe Biden menuding tidak hadirnya Presiden China Xi Jinping di KTT COP26 sebagai kesalahan besar.

Pasalnya China sebagai penghasil emisi karbon terbesar di dunia dan bertanggungjawab atas perubahan iklim.

“Ini adalah kesalahan besar, sejujurnya, karena China tidak muncul. Seluruh dunia memandang China dan berkata ‘nilai apa yang mereka berikan?’,” kata Biden.

Berdasarkan informasi, Xi Jinping, memang belum pernah bepergian ke luar China sejak awal pandemi Covid-19 melanda dunia pada awal 2020.

Seperti diketahui, Presiden China Xi jinping dipastikan tidak akan menghadiri KTT negara kelompok 20 ekonomi terbesar (KTT G20) yang akan berlangsung pada 30-31 Oktober di Roma Italia.

Namun, Kementerian Luar Negeri China memastikan Xi Jinping akan muncul di KTT G20 secara virtual melalui video untuk menyampaikan pidato.

Dikutip Reuters, sejak awal 2020, Xi sendiri tidak pernah meninggalkan China mengingat pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia.

Tak hanya itu, Xi Jinping juga disebut tak akan menghadiri acara KTT COP26 secara langsung di Glasgow Skotlandia.

KTT COP26 merupakan konferensi tingkat tinggi PBB terkait perubahan iklim.

Keputusan Xi Jinping itu cukup disayangkan, mengingat China merupakan negara dengan emisi karbon terbesar di dunia. (ral/int/pojoksatu)