Situasi Memanas, AS dan Australia Siap Perang dengan China Jika Serang Taiwan

Joe Biden

POJOKSATU.id, JAKARTA— AS dan Australia siap perang dengan China jika menyerang Taiwan. China sudah sangat jelas niat mereka untuk menguasai Taiwan.


Presiden AS Joe Biden dengan tegas mengatakan bahwa negaranya siap pasang badan jika China menyerang Taiwan secara militer.

Langkah AS ini diikuti oleh sekutunya Australia. Australia siap perang dengan China jika terjadi serangan secara militer ke Taiwan.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton dalam sebuah wawancara dengan Sky News pada Senin (25/10).


“China sudah sangat jelas tentang niat mereka berkaitan dengan Taiwan. Sama halnya, Amerika Serikat telah jelas tentang niat mereka terhadap Taiwan,” kata Dutton.

“Tidak ada yang ingin melihat konflik, tetapi itu benar-benar pertanyaan bagi orang China,” katanya.

Ketika ditanya tentang apakah Australia kemungkinan akan terlibat dalam konflik bersenjata dengan China, Dutton berbicara tentang 70 tahun sejarah kerjasama militer Australia dengan AS.

“Jika Taiwan diserang, Australia akan melihat apa tanggapan Amerika,” kata Dutton.

Dia menambahkan bahwa mereka jelas memiliki aliansi dengan Amerika Serikat.

Dutton mengatakan bahwa dirinya telah memfokuskan perhatiannya pada China selama enam tahun terakhir sejak dirinya bergabung dengan Komite Keamanan Nasional Australia.

“Tindakan China telah menjadi perhatian dan Australia ingin tetangganya bebas dari paksaan, campur tangan atau intimidasi,” katanya.

“Mengingat populasi Australia yang relatif kecil sekitar 25 juta, penting baginya untuk memiliki teman baik, yang dimilikinya dengan negara-negara seperti AS, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru,” kata Dutton. (ral/rmol/pojoksatu)