Alhamdulilah, Israel-Hamas Sepakat Damai, Hamas Klaim Kemenangan

Rakyat Palestina di Kota Gaza turun ke jalan rayakan genjatan senjata Israel-Hamas dengan mengibarkan bendera Palestina dan simbol 'V' sebagai kemenangan. Foto A1
Rakyat Palestina di Kota Gaza turun ke jalan rayakan genjatan senjata Israel-Hamas dengan mengibarkan bendera Palestina dan simbol 'V' sebagai kemenangan. Foto: Mohammed Abed/AFP

POJOKSATU.id, GAZA – Israel dan Hamas akhirnya sepakat melakukan genjatan senjata yang akan dimulai pada pukul 02.00 Jumat (21/5) dini hari.


Hal itu dikonfirmasi oleh kedua kubu masing-masing.

“Israel gagal mencapai tujuan agresinya dan melarikan diri dari pertempuran dengan perlawanan Palestina,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri kepada Anadolu Agency, Kamis (20/5) malam waktu setempat.

Terpisah, Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam rilisnya menyatakan, Kabinet Keamanan Politik menerima rekomendasi ‘gencatan senjata bilateral tanpa syarat apa pun’.


“Kepala staf, eselon militer dan kepala Shin Bet meninjau bersama para menteri pencapaian besar Israel dalam kampanye, beberapa di antaranya belum pernah terjadi sebelumnya,” bunyi pernyataan itu dikutip dari CBC.

“Para eselon politik menekankan bahwa kenyataan di lapangan akan menentukan kelanjutan seruan gencatan senjata ini,” tambahnya.

Gencatan senjata diberlakukan di Jalur Gaza pada dini hari Jumat pagi setelah Mesir menengahi kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk menghentikan 11 hari konflik.