Temukan Keajaiban Foto Antariksa NASA Sesuai Tanggal Lahir di Sini

Foto tangkapan teleskop Hubble 30

POJOKSATU.id, JAKARTA – Foto tangkapan teleskop NASA, Hubble 30 menjadi perbicangan warganet.


Netizen ramai-ramai membagikan foto yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble 30 pada tanggal kelahiran mereka.

Uniknya, foto tangkapan teleskop Hubble 30 yang diunggah warganet berbeda-beda, Namun, semuanya terlihat menakjubkan.

Warganet pun menyertakan tagar #NASA. Tanggar ini menduduki peringkat kedua tranding topic Twitter Indonesia, Jumat (3/4).


Untuk mendapatkan gambar-gambar menakjubkan dari NASA, pengguna bisa mengunjungi situs yang disediakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) https://www.nasa.gov/content/goddard/what-did-hubble-see-on-your-birthday.

Setelah terbuka, klik ‘Your Birthday Image’ dan pilih bulan serta tanggal sesuai ulang tahun atau yang diinginkan.

Selanjutnya, situs itu akan menampilkan sebuah gambar yang disertai dengan keterangan informasi atas gambar yang ditampilkan.

Misalnya pada tanggal 18 Mei, situs itu langsung menampilkan foto planet Jupiter yang diambil teleskop Hubble pada 18 Mei 1994.

Dalam keteranganya, foto planet Jupiter itu diambil saat berjarak 420 juta mil dari bumi. Nasa juga secara rinci memberi tahu bahwa ada bintik gelap pada foto Jupiter yang diketahui merupakan bayangan bulan.

Dikutip dari CNN, situs ini diluncurkan untuk merayakan 30 tahun beroperasinya teleskop ruang angkasa Hubble. NASA akan menampilkan gambar kosmik yang pernah diambil oleh teleskop Hubble sesuai tanggal dan bulan yang dipilih.

Dalam situs resmi, NASA menyatakan teleskop Hubble menjelajahi alam semesta selama setiap hari tanpa henti. NASA mengatakan hal itu membuat teleskop Hubble mengamati beberapa keajaiban kosmik yang menarik setiap hari sepanjang tahun, termasuk pada hari ulang tahun pengunjung situs.

NASA mengatakan semua orang bisa menikmati fitur tersebut. Bahkan mereka menyarankan untuk mempublikasikan hasil foto dari teleskop Hubble di media sosial dengan menyertakan tagar #Hubble30.

Cermina Raksasa Masa Depan

Cermin raksasa milik NASA, James Webb Space Telescope berhasil dipasang. Teleskop luar angkasa masa depan ini telah diuji untuk pertama kalinya.

Dengan terpasangnya cermin raksasa tersebut, menandakan kesiapan untuk peluncuran teleskop luar angkasa pada 2021. James Webb Space Telescope merupakan teleskop penerus Hubble.

Dikutip Engadget, Hubble telah lama beroperasi dari waktu aslinya dan teleskop ini kabarnya tetap beroperasi selama beberapa tahun.
Sementara James Webb akan menyelidiki benda langit dari tata surya dan lainnya.

Menciptakan teleskop baru merupakan upaya yang menantang bagi NASA.
Peluncurannya awalnya dijadwalkan untuk 2018, tetapi kerumitan konstruksi, jumlah bagian yang dibutuhkan dan fakta bahwa itu adalah teleskop paling kompleks yang dibangun hingga saat ini.

Kini, setelah uji coba yang berhasil, para peneliti yakin teleskop segera diluncurkan tahun depan.

(CNN/Engadget)