Korea Utara Dilanda Gempa, Cina: Paling Ledakan Nuklir Lagi

Korea Utara Dilanda Gempa
Ilustrasi (Foto: Seattle)

POJOKSATU.id, PYONGYANG – Korea Utara dilanda gempa kecil 3,4 SR pada Sabtu (23/9/2017) yang awalnya dicurigai sebagai ledakan nuklir.

Gempa kecil tersebut berpusat di dekat lokasi uji coba nuklir Korea Utara sekitar pukul 8.30 pagi dan tercatat memiliki kedalaman nol kilometer.

Media Cina menduga gempa tersebut berasal dari sebuah ledakan uji coba nuklir terbaru.

Namun Badan Cuaca Korea Selatan mengatakan kemungkinan gempa bumi di Korut tersebut benar adanya.


Badan pemantau uji nuklir CTBTO mengatakan bahwa para analis “melihat aktivitas seismik yang tidak biasa dengan kekuatan yang jauh lebih kecil”.

Badan pengawas tersebut mengatakan bahwa gempa terjadi sekitar 50km dari tempat uji coba nuklir.

Mereka juga mengatakan hal itu tidak mungkin merupakan getaran buatan manusia.

Gempa sebelumnya terasa dari Korea Utara setelah ada indikasi uji coba nuklir oleh negara tertutup tersebut awal bulan ini.

Gempa tersebut terdeteksi di daerah Kilju di Provinsi North Hamgyong, di mana lokasi nuklir Punggyeri yang diketahui Korea Utara berada, menurut badan meteorologi Korea Selatan.

Badan tersebut mengatakan bahwa pihaknya menganalisis sifat gempa tersebut, dimana hanya terjadi getaran alami karena tidak ada suara yang spesifik gempa buatan manusia.

Kantor berita resmi Cina Xinhua mengatakan pusat gempa tersebut kira-kira berada di tempat yang sama dimana lokasi itu adlah uji coba nuklir keenam Korea Utara.

(mia/pojoksatu)