Upaya Diplomasi Turki Nihil Tengahi Krisis Qatar

upaya diplomasi turki tengahi krisis qatar
Presiden Turki dan Emir Qatar saat bertemu di Doha, Qatar (Foto Istimewa)

POJOKSATU.id, DOHA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu Emir Qatar ini untuk tengahi krisis Qatar di Doha awal pekan ini.

Kedatangan Erdogan ke Qatar adalah untuk “membungkus” tur ke negara-negara Arab yang terlibat dalam perselisihan. Sebelumnya, ia melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan Kuwait.

Dalam kunjungannya ke Doha. Erdogan dan Emir Qatar membahas upaya bersama untuk memerangi terorisme dan ekstremisme, meninjau kerja sama pertahanan dan ekonomi, dan memuji peran mediasi Kuwait dalam krisis tersebut.

Dalam pembicaraan tersebut, seperti dimuat Press TV, Tamim meninjau perkembangan regional, khususnya krisis Teluk dan upaya untuk mengatasinya melalui cara  diplomatik.


Belum jelas bentuk nyata kontribusi Erdogan dalam upaya penyelesaian perselisihan tersebut. Ia hanya menyerukan kepada para pemimpin negara yang dia temui agar ketegangan di teluk dapat diredakan.

Selain hal tersebut, juga belum tampak aksi nayata atau langkah signifikan untuk meredakan krisis yang terjadi.

Turki sendiri telah dengan tegas menyatakan berada di sisi Qatar dalam konflik tersebut. Hal itulah yang juga membuat posisi Turki bisa dikatakan tidak netral bila menjadi mediator.

(mel/rmol/pojoksatu)