Hari Ini PBB Bahas Konflik Israel-Palestina

konflik israel-palestina, palestina, israel, jerusalem
Muslim Palestina dibantai di Jerussalem

POJOKSATU.ID, JERUSALEM–Konflik berdarah Israel-Palestina¬† menjadi perhatian serius Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Rencananya, Senin (24/7/2017) hari ini, PBB akan mengadakan pertemuan untuk membahas masalah ini.

Swedia, Mesir dan Prancis meminta pertemuan tersebut untuk “segera membahas bagaimana seruan untuk de-eskalasi di Jerusalem dapat didukung,” kata wakil duta besar PBB Swedia, Carl Skau, melalui akun Twitter.

Israel mengirim pasukan tambahan ke Tepi Barat yang diduduki pada Sabtu dan menggerebek rumah penyerang Palestina yang menikam tiga orang Israel pada Jumat, kata militer.

Beberapa jam sebelum tiga orang Israel ditikam, tiga orang Palestina tewas dalam aksi kekerasan yang dipicu oleh pemasangan detektor logam Israel di tempat-tempat masuk ke kompleks tempat suci di Kota Tua Jerusalem. Kawasan tersebut dikenal umat Muslim sebagai al-Haram asy-Syarif dan oleh kaum Yahudi sebagai Bukit Rumah Suci.


BACA JUGA:
Kepergok Selingkuhi Istri Pak RT, Pemuda Ini…

Lebih dari Gerakan Separatis, Ini Bahayanya HTI

Di Jerusalem pada Sabtu, polisi Israel mengatakan bahwa mereka menggunakan peralatan anti huru hara untuk membubarkan belasan orang Palestina yang melemparkan batu dan botol ke mereka. Tayangan televisi menunjukkan polisi melemparkan granat setrum dan menggunakan meriam air untuk membubarkan kerumunan.

Polisi Israel mengatakan bahwa satuan tambahan telah dikerahkan untuk meningkatkan keamanan di Kota Tua, sementara akses umat Muslim menuju tempat suci itu, untuk melaksanakan sholat, akan dibatasi hanya untuk wanita dari segala umur dan laki-laki di atas 50 tahun.

Alat penghalang ditempatkan pada akses jalan menuju Jerusalem, untuk menghentikan bus yang membawa umat Muslim ke lokasi tersebut.