Kunjungi Israel, Perdana Menteri India Bahas Pertahanan

perdana menteri india
Perdana Menteri India, Narenda Modi (foto Net)

POJOKSATU.id, TEL AVIV – Perdana Menteri India Narenda Modi untuk pertama kalinya berkunjung ke Isreal yang dijadwalkan pada hari ini Selasa (4/6).

Ia menjadi Perdana Menteri India pertama yang mengunjungi Israel.

Seperti dilansir BBC kunjungannya ke Tel Aviv itu akan fokus pada agenda pertahanan. Kedua pemimpin negara akan fokus pada transaksi pertahanan.

Selama bertahun-tahun, Israel dan India telah bekerja sama dalam menghadapi isu kontra-terorisme dan pertahanan dan India telah menjadi pelanggan senjata reguler dari negara Yahudi tersebut.


Kedua negara juga akan bekerja untuk memodernisasi militernya untuk melawan Cina dan Pakistan. India sekarang merupakan pasar senjata terbesar Israel, diperkirakan bernilai sekitar 1 miliar dolar AS per tahun.

India dan Israel juga akan bekerja sama dengan sistem pertahanan udara gabungan di mana India akan membeli pesawat tak berawak, radar, keamanan sibr dan sistem komunikasi.

Selain kesepakatan pertahanan, kedua negara juga ingin memperluas kerja sama di bidang lain, terutama Israel membantu India untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan.

India dan Israel memiliki hubungan diplomatik selama 25 tahun.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menggambarkan kunjungan Modi sebagai suatu hal yang bersejarah dengan mengatakan bahwa pihaknya akan memperdalam kerja sama di berbagai bidang,seperti keamanan, pertanian, air, dan energi.

(mel/rmol/pojoksatu)