Untuk Pertama Kali, Bashar al-Assad Muncul di Pecahan Uang Baru

Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk pertama kalinya muncul dalam pecahan uang baru (Foto Al Jazeera)
Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk pertama kalinya muncul dalam pecahan uang baru (Foto Al Jazeera)

POJOKSATU.id, DAMASKUS – Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk pertama kalinya muncul di pecahan uang tunai yang dirilis akhir pekan kemarin.

Seperti dilansir Al Jazeera, Wajah Assad muncul di cetakan uang kertas baru senilai 2.000 pound yang mulai beredar pada hari Minggu (2/7).

Gubernur Bank Sentral Suriah Duraid Durgham mengatakan bahwa uang baru itu adalah satu dari sekian uang baru yang dicetak tahun lalu namun keputusan untuk menyebarkannya tertunda karena keadaan perang dan fluktuasi nilai tukar.

Durgham mengatakan bahwa saat ini tempat untuk mengeluarkan uang baru tersebut.

Mata uang itu sebelumnya hanya membawa gambar ikon bersejarah atau gambar ayahnya, almarhum Presiden Hafez al-Assad, yang tampil dengan koin dan lembaran 1.000 pound yang masih beredar.

Mata uang Suriah telah merosot nilainya sejak konflik negara itu dimulai pada 2011. Perdagangan di level 47 pound ke dolar pada 2011, akan menghasilkan 517 pound ke dolar saat ini.

Inflasi juga melonjak, mencapai level tertinggi sepanjang masa di tahun 2013, di atas 120 persen. Perkiraan pada 2016 menempatkan tingkat inflasi sebesar 50 persen. Demikian seperti dimuat Al Jazeera.

(mel/rmol/mia/pojoksatu)

Loading...