Inilah Makanan Khas Lebaran di Kolombia

Baklava

POJOKSATU.id – Kolombia merupakan salah satu negara minoritas bagi umat muslim. Hari Raya Idul Fitri bukan hanya semarak di negara mayoritas Muslim.

Warga Muslim di Kolombia ini juga merayakan Idul Fitri di hari Minggu (25/6).  Kisah salah seorang warga Muslim Kolombia keturunan Timur Tengah, bernama Gabriela Busmar bercerita soal kebiasaan warga Kolombia saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Seperti di negara lainnya, kami pergi ke Masjid, sholat Ied bersama dan kemudian berkumpul dengan keluarga serta sanak saudara,” katanya.

Pada saat hari lebaran, masjid di Kolombia juga selalu menggelar kegiatan untuk anak-anak. Sedangkan orang dewasa kerap membawa makanan untuk dimakan bersama-sama.


“Makanan yang dibawa adalah tipe makanan Arab dan Kolombia,” papar Gabriela. Hal itu dikarenakan, mayoritas Muslim di Kolombia merupakan keturunan atau mereka yang melarikan diri dari Timur Tengah di sekitar tahun 1970an-1980an.

Makanan yang kerap menjadi favorit saat Idul Fitri di Kolombia adalah baklawe atau baklava. Makanan asal Turki ini adalah sejenis makanan ringan di kawasan Turki dan daerah-daerah tempat mantan kekuasaan Kerajaan Ottoman.

Makanan ini terdiri dari kacang walnut atau pistache yang dicincang dan diberi pemanis dan dibungkus adonan roti tipis.

Namun, makanan khas Kolombia yang tersaji biasanya adalah natilla, atau nasi dengan susu, kue pisang dan makanan favorit banyak warga Kolombia, Empanada. Empanada sendiri adalah semacam roti tipis yang diisi dengan daging dan digoreng.

Populasi umat Muslim di Kolombia tergolong sangat kecil, di sini umat muslim minoritas hanya sekitar 0.1 persen. Negara Ini mayoritas warganya adalah pemeluk Katolik.

(hal/rmol/ps)