Apa Motif Arab Saudi Blokade Qatar?

Pemerintah Amerika Serikat mendesak negara-negara Arab untuk mengurangi blokade di Qatar dan menuntut semua pihak untuk menenangkan ketegangan
Pemerintah Amerika Serikat mendesak negara-negara Arab untuk mengurangi blokade di Qatar dan menuntut semua pihak untuk menenangkan ketegangan. (foto reuters)

POJOKSATU.id, WASHINGTON – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), mempertanyakan motif negara-negara Teluk memboikot dan mengisolasi Qatar. Terlebih karena, negara-negara Teluk tersebut tidak mengungkapkan keluhan mereka terhadap Qatar.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, pemboikotan dan embargo Qatar berlangsung dua pekan, keraguan dan kecurigaan justru mengarah ke pihak negara-negara Teluk, terutama Arab Saudi, dalam konteks ini yaitu tentang motif dan alasan mereka memblokade Qatar.

“Sekarang sudah lebih dari dua pekan sejak embargo dimulai. Kami bingung karena negara-negara Teluk belum merilis ke publik dan juga kepada Qatar rincian tentang klaim yang mereka buat terhadap Qatar,” kata Nauert.

“Pada titik ini kita ditinggalkan dengan satu pertanyaan sederhana, apakah tindakan (blokade) benar-benar mengenai kekhawatiran mereka mengenai dugaan dukungan Qatar atas terorisme atau apakah mereka memiliki keluhan yang panjang antara dan di antara negara-negara GCC (Gulf Cooperation Council),” lanjutnya.


Terkait hal ini, Ia menegaskan, AS telah menjalin komunikasi dengan negara-negara yang berhubungan dengan krisis di Teluk. “Kami baru saja mengatakan kepada pihak-pihak yang terlibat, mari selesaikan (krisis) ini,” ujarnya.

(ra/pojoksatu)