Rusia Mengaku Telah Menewaskan 2 Komandan ISIS di Suriah

ISIS
Kelompok ISIS

POJOKSATU.id, MOSKOW – Kementerian pertahanan Rusia mengklaim telah menewaskan dua komandan ISIS di Suriah.

Dilansir Reuters, Senin (19/6), kantor berita Interfax menyebutkan dua komandan ISIS tersebut ialah Omar al-Beljiki dan Abu Yassin al-Masri. Keduanya tewas dalam serangan udara di dekat kota Deir al-Zor di bagian timur Suriah.

Kementerian pertahanan Rusia juga mengatakan demikian. Kata dia, pasukannya telah menewaskan sekitar 180 milisi dan kedua komandan al-Beljiki dan al-Masri, dalam serangan udara ke Deir al-Zor pada 6 Juni dan 8 Juni.

Pernyataan tersebut, muncul sehari setelah Rusia mengatakan kemungkinan komandan ISIS tewas dalam serangan udara.


Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat yang juga melakukan serangan secara terpisah di Suriah mengatakan tidak dapat memastikan tewasnya al-Baghdadi.

Tak hanya itu, para pejabat Irak pun menyangsikan klaim dari Rusia tersebut. Hisham al-Hashimi, pakar yang tinggal di Baghdad dan merupakan penasihat pemerintah sejumlah negara Timur Tengah menyangkut pergerakan ISIS, mengatakan ia sangsi atas pernyataan terbaru Rusia.

Ia mengatakan Abu Yasin al-Masri adalah orang sama yang bernama Abu al-Haj al-Masri. Al-Hashimi mengatakan pemimpin ISIS lainnya, al-Beljiki, kemungkinan tidak berada di Suriah saat serangan dilancarkan.

Al-Hashimi pun menduga Rusia berupaya meningkatkan catatan mereka dalam memerangi ISIS untuk bersaing dengan rekor milik Amerika Serikat. Sejauh ini, AS telah membunuh komandan-komandan tinggi kelompok itu, seperti Abu Ombar al-Shishani, Abu Muslim al-Turkmani, Abu Mohammed al-Adnani dan Abu Ali an-Anbari.

(ra/pojoksatu)