Perdana Menteri Australia Menyindir Presiden Donald Trump

Donald Trump
Donald Trump

POJOKSATU.id, WASHINGTON – Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull kembali menuai kontroversi. Dalam pidatonya di acara tahunan Parlemen Australia, Midwinter Ball, pada Rabu (14/6) lalu, Turnbull dikabarkan menyindir Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Hal terdsebut terungkap setelah sebuah rekaman audio beredar. Dalam rekaman tersebut, Turnbull membahas pertemuannya dengan Trump di New York. “Itu adalah pertemuan yang indah, pertemuan paling indah yang pernah ada,” kata dia.

Namun saat bersamaan, Turnbull juga menirukan gaya bicara Trump dan menyindir isu yang menimpa Trump. Bahkan ia juga mengungkit isu keterlibatan Rusia pada Pilpres AS.

“Donald dan saya menang dalam jajak pendapat. Kami menang banyak. Kami menang seperti belum pernah menang sebelumnya. Kami memenangkan jajak pendapat, ya kami. Bukan jajak pendapat palsu. Kami menang dalam jajak pendapat asli. Anda tahu jajak pendapat online sangat mudah untuk dimenangkan. Saya tahu itu dari orang Rusia yang saya kenal. Percayalah itu benar,” lanjut Turnbull.


Berselang beberapa lama, setelah video rekaman tersebut tersebar, Turnbull mengklarifikasi. Ia menegaskan bahwa ia hanya bercanda saat melontarkan ucapannya.

Untuk diketahui, Turnbull dan Trump memang sempat bersitegang, terkait dengan isu pengungsi Australia. Namun keduanya telah memperbaiki hubungan dan sempat bertemu di New York pada Mei lalu.

(ra/pojoksatu)