Erdogan: Turki Tidak Mungkin Meninggalkan Qatar

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

POJOKSATU.id, ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa Turki tidak mungkin meninggalkan Qatar. Pernyataan tersebut disampaikannya saat memberikan pidato dalam acara buka puasa di Istanbul.

Pernyataan tersebut dinyatakannya setelah melihat kekacauan diplomatik antara negara-negara Teluk yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

“Kami tidak akan meninggalkan Qatar dan kami akan terus memberikan segala macam dukungan kepada Qatar,” kata Erdogan dilansir Intellinews, Selasa (13/6).

Erdogan meyakini isolasi pemerintah Doha tidak akan menyelesaikan masalah di wilayah tersebut. Sebelumnya, ia juga menyerukan agar negara-negara Arab segera mengakhiri pemblokiran terhadap Qatar.


Dalam pidatonya, Erdogan juga menolak tuduhan negara teluk terhadap Qatar yang dinilai telah mendanai aksi terorisme karena mendekat ke Iran.

Sebagai bentuk dukungan, Parlemen Turki menyusun undang-undang jalur cepat untuk mengirim lebih banyak tentara ke pangkalan miiliter Turki di Qatar.

Bantuan Turki juga berupa makanan. Turki mengirim unggas, yoghurt dan susu. Menurut laporan Bloomberg, kiriman tersebut telah sampai ke Qatar Senin kemarin.

(ra/pojoksatu)