Negara Ini Akan Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis

POJOKSATU.id, TAIPEI – Para hakim di Taiwan tengah merembukkan apakah Taiwan akan menjadi negara pertama di Asia yang akan melegalkan pernikahan sesama jenis.

Jika panel yang terdiri dari 14 hakim Taiwan tersebut mendukung hukum baru mengenai pernikahan sesama jenis, maka Legislatif Yuan akan memulai mengubah undang-undang tersebut.

Mereka akan mengenalkan undang-undang kemitraan sipil. Mereka bisa melegalkan pernikahan sesama jenis.

Terlebih karena rancangan undang-undang untuk melegalkan pernikahan sesama jenis sudah berjalan melalui parlemen. Namun proses tersebut melambat akibat adanya penolakan dari kelompok oposisi dari kalangan tradisionalis.


Kalangan tradisionalis tidak ingin Taiwan menjadi wilayah pertama di Asia untuk mengizinkan pernikahan sesama jenis.

Dilansir BBC, Kamis (25/5) Presiden Taiwan Tsai Ing Wen merupakan sosok yang terbuka dengan perubahan undang-undang tersebut.

Kendati demikian, perdebatan mengenai pernikahan sesama jenis menimbulkan reaksi cukup keras dari kalangan konservatif dalam beberapa bulan terakhir. Mereka menolak pernikahan sesama jenis.

Aktivis LGBT Chi Chia Wei mengatakan, ia merasa seratus persen hasilnya akan positif. “Saya optimis tapi saya tidak akan terlalu bersemangat. Ini seharusnya terjadi sejak lama, kata Chi.

Seperti diketahui, Taiwan dikenal dengan nilai-nilai liberal yang dianutnya. Di Taiwan juga rutin diselenggarakan parade gay tahunan.

(ra/pojoksatu)