Wabah Meningitis Tewaskan 269 Orang di Nigeria

POJOKSATU.id, ABUJA — Pusat Penanggulangan Penyakit (NCDC) di Nigeria menyatakan, wabah meningitis tewaskan 269 orang di Nigeria sepanjang pekan ini. Hingga Senin (27/3), NCDC mencatat sebanyak 1.828 terduga penderita meningitis. Dari jumlah tersebut, terdapat 269 kematian di 15 dari 36 negara bagian, kata NCDC melalui Twitter resminya.

Melalui situs resminya, NCDC mengatakan bahwa angka tersebut melonjak tajam mengingat sepanjang tahun lalu hanya 33 orang meninggal. Pada 2009 di Nigeria, lebih dari 2.000 orang tewas akibat meningitis yang dengan cepat menyebar akibat terbatasnya jangkauan layanan kesehatan di wilayah-wilayah terpencil.

Meningitis merupakan penyakit radang jaringan ikat di sekitar bagian otak dan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh penularan atau infeksi bakteri. Penyakit tersebut bisa menular melalui ciuman, bersin, batuk di ruangan tertutup.

Saat ini NCDC bekerja sama dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO), badan anak-anak PBB (UNICEF), dan Dokter Tanpa Batas (MSF) berupaya membatasi penyebaran infeksi meningtis.


(ra/pojoksatu)