Aneh! Air Danau Berwarna Pink

Danau dengan air seperti milkshake stoberi. (Parks Victoria via BBC)

POJOKSATU.id, MELBOURNE- Ada hal yang lagi tren di Australia. Itu setelah salah satu danau air asin di Melbourne berubah menjadi pink. Benar-benar pink.

Ada yang mengatakan jika warna itu seperti cat pabrik, ad juga yang mengaitkannya dengan mistis. Padahal, warna pink itu bukan karena mistis atau semacamnya.

Air danau di Westgate Park berubah karena kombinasi sinar matahari, suhu sudara, dan rendahnya curah hujan. Dengan kombinasi itu, alga yang tumbuh di bagian dasar danau memproduksi lebih banyak pigmen merah. Tetapi, meski berwarna pink, jangan bayangkan rasanya seperti milkshake stoberi. Air danau itu sangat asin. Bahkan lebih asin 10 kali lipat dibanding air laut.

”Silahkan menikmati pemandangannya. Tetapi, kami merekomendasikan agar Anda tidak melakukan kontak dengan airnya,” tulis pengumuman resmi dari Westgate Park.


Tidak hanya di Melbourne, fenomena itu juga terajdi di Salina de Torrevieja, Spanyol; Danau Dusty Rose Kanada; dan Danau Retba, Senegal.

Dijelaskan Dr Mark Norman, pemimpin ilmuan konservasi Parks Victoria, Australia, mengatakan kalau warna pink disebabkan alga Dunalliela. ”Ini sangat alami. Kami memang kerap mendapat komentar kalau warnanya seperti cat pabrik,” kata Norman.

Norman pun mengingatkan agar pengunjung tidak berenang di air pink itu. ”Airnya sangat asin dan berlumpur. Nanti, kalau Anda keluar dari air dan tubuh mulai mengering, Anda bak sedang berlapis es,” katanya. Air pink itu nanti akan kembali berubah menjadi biru saat suhu mulai dingin dan curah hujan meningkat. (BBC/tia/JPG)