Warga Amerika Antusias Menanti Pidato Terakhir Obama

POJOKSATU.id, CHICAGO — Pidato perpisahan presiden sudah menjadi tradisi Amerika Serikat sejak 1796. Saat George Washington mengucapkan selamat tinggal pada rakyat Amerika sebelum menyerahkan kekuasaannya kepada John Adams.

Tradisi tersebut juga akan dilakukan Obama yang sebentar lagi akan melepas jabatan kepresidenannya. Presiden Obama akan menyampaikan pidato terakhirnya pada (11/1) waktu setempat. Pidato tersebut akan disampaikannya di Chicago, tempat yang sama waktu ia mengumumkan kemenangannya sebagai presiden AS.

McCormick Place, gedung dimana Obama akan berpidato sudah dibuka sejak pukul 17.00. Pintu masuk gedung disesaki warga yang mengantre sejak Sabtu pekan lalu. Mereka berdesakan untuk mendapatkan tiket acara.

Pekan lalu, dalam pernyataan tertulisnya, Obama mengatakan rakyat Amerika telah banyak membantunya menjalankan pemerintahan. Ia akan menggunakan ini sebagai highlight pidatonya.


Sebagai informasi, pidato terakhir obama bisa disaksikan langsung di sejumlah televisi AS dan juga bisa diakses melalui situs resmi Gedung Putih, https://www.whitehouse.gov/farewell.

(ra/pojoksatu)