Ini Isi Pidato Terakhir Obama


POJOKSATU.id, CHICAGO — Presiden Barack Obama secara resmi mengucapkan perpisahan kepada rakyat Amerika Serikat (AS). Mengambil tempat di Chicago, kota dia dibesarkan, ribuan orang berdesakan untuk mendengar pidato perpisahan tersebut.

Mereka hendak mengucapkan selamat tinggal kepada Obama. Salah seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, tidak mudah bagi Obama untuk merumuskan pidato terakhirnya.

Bahkan dikatakannya, Obama sampai merevisi pidatonya sebanyak dua kali. Dan walhasil, pidatonya memukau dan berkesan bagi warga Amerika Serikat.

Berikut beberapa kutipanyang menjadi poin penting  dari isi pidato tersebut.

Mengenai Demokrasi – ”Demokrasi bisa jatuh ketika menyerah pada rasa takut.”

Mengenai Michelle Obama – ”Engkau sudah membuat saya bangga, dan engkau sudah membuat saya bangga, dan engkau membuat negara bangga,” kata Obama sambil mengusap air matanya.

Mengenai Amerika – ”Ya, kita bisa. Ya, kita akan berhasil. Ya, kita bisa,” katanya. Itu adalah kalimat yang juga diucapkannya saat berkampanye di 2008.

Mengenai Hak Asasi – “Ini adalah keyakinan bahwa kita semua diciptakan sama, diberkahi oleh dengan hak asasi tertentu, di antaranya hak hidup, hak kebebasan, dan hak mengejar kebahagiaan. Rakyat, melalui instrumen demokrasi kita, dapat membentuk kesatuan yang lebih sempurna.”

(ra/pojoksatu/jpg)

Loading...