Nama Obama Diabadikan Jadi Nama Roti Hingga Cacing

POJOKSATU.id, NEW YORK — Nama Obama banyak diabadikan sebagai nama benda, nama jalan, nama perpustakaan, hingga nama spesies cacing yang baru ditemukan.

Roti
Saat Obama melakukan kunjungan ke Irlandia pada 2011, seorang tukang roti membuat roti “Barack’s Brack”. Roti isi buah yang biasa dimakan warga Amerika. Bupati Moneygall, Joseph Kearney memesan banyak roti Brack untuk anggota keluarga Obama di Irlandia.

Ikan
Para ilmuan menamai seekor ikan mas dengan nama Obama. Hal tersebut dilakukan sebagai penghormatan atas konservasi laut yang dilakukan Presiden Obama di Pasifik.

Pada 2012, sejumlah ilmuwan juga menamai satu spesies ikan air tawar berwarna biru oranye dengan nama Etheostoma Obama. Spesies ini ditemukan di Duck and Buffalo Rivers di Sungai Tennessee.


Gunung
Nama Obama juga diabadikan menjadi nama sebuah puncak gunung. Di Antiqua, puncak gunung Boggy Peak, yang menjadi gunung tertinggi di negara itu, berganti nama menjadi Obama. Pergantian itu merupakan hadiah ulang tahun untuk Presiden Obama pada 2009.

Pom Bensin
Sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di County Offaly, Irlandia, secara resmi dinamai Barack Obama Plaza. Lokasi pom bensin itu berada di antara Dublin dan Limerick. Barack Obama Plaza tidak hanya menyediakan pom bensin, tetapi juga memiliki kedai makan.

Sekolah
Sebuah SD dan SMP di Desa Kogelo, Kenya, bernama Sekolah Obama Kogelo. Kogelo merupakan tempat ayah Presiden Obama lahir dan dimakamkan.

Laba-Laba
Obama merupakan penggemar film Spider-Man. Karenanya, satu spesies laba-laba pintu diberi nama Aptostichus barackobamai.

Cacing
Baracktrema obamai merupakan parasit kedua yang namanya terinspirasi dari Presiden Obama. “Ini cara saya melakukan penghormatan kepada presiden kita,” kata Dr Thomas R Platt, seorang ahli parasit penyu yang menemukan spesies itu.

(ra/pojoksatu/CNN)