Obama: Beri Waktu Trump untuk Memimpin Amerika

POJOKSATU.id, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta agar semua orang menerima Donald Trump sebagai Presiden terpilih AS.

Hal tersebut disampaikan Obama saat sedang berada di Peru. Ia menghimbau semua orang untuk tidak berasumsi negatif terhadap Trump.

“Pesan utama saya untuk Anda sama dengan pesan saya untuk Eropa, jangan berasumsi yang buruk. Tunggu sampai pemerintahan berjalan dan kebijakan-kebijakan dilaksanakan, baru kemudian Anda dapat memberikan penilaian, apakah itu konsisten dengan kepentingan masyarakat internasional atau tidak,” kata Obama.

Seperti diketahui, Presiden Obama kini tengah sibuk menenangkan warga AS yang merasa khawatir dengan terpilihnya Trump. Dalam penyampaiannya, Obama mengatakan optimis jika Trump akan meninggalkan retorika kampanye setelah menghadapi realitas.


“Penting bagi semua orang di seluruh dunia untuk tidak membuat penilaian langsung tetapi memberikan kesempatan bagi presiden terpilih bersama tim untuk memeriksa isu-isu yang ada, untuk menentukan kebijakan apa yang akan mereka putuskan. Seperti yang saya selalu katakan, saat kampanye tidak selalu sama dengan kenyataan,” lanjutnya.

Saat kampanye, sebelum Trump Terpilih, Obama sempat mengatakan Trump tidak pantas untuk menjadi penghuni gedung putih. Sikap Trump yang mengabaikan nilai-nilai demokrasi dinilai sebagai hal yang buruk.

(ra/reuters/pojoksatu)