Junjung Toleransi, Polisi Muslimah Bakal Segera Kenakan Burqa

burqa
ilustrasi

POJOKSATU.id, INGGRIS- Demi terwujudnya toleransi, kepolisan Inggris wilayah West Midlands berencanamengizinkan polisi muslimah untuk menggunakan burka.

Kepala kepolisian West Midlands, David Thomson, mengatakan, tak akan melarang polisi Muslimah mengenakan seragam yang menyesesuaikan dengan nilai Islam. Ia mengizinkan para polisi muslimah mengenakan jilbab maupun burka lewat hasil diskusi internal kepolisian Inggris soal penghargaan terhadap perbedaan.

“Kita perlu mengkaji lebih jauh tentang aturan dan sensitiVitas budaya. Tampaknya, jelas kalau kita tidak punya batasan mengenai Burka,” katanya seperti dilansir dari the Independent.

Saat ini, tengah ada petugas polisi Muslimah yang mengenakan jilbab saat pelatihan petugas kepolisian. Namun, belum ada yang mengenakan Burka.


“Kita memang tak punya metode untuk merekrut polisi mengenakan Burka. Tapi jika hal itu diperlukan maka kita perlu memikirkannya. Melayani warga adalah hal yang utama, dan kita perlu memikirkan ulang soal apapun agar bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi rencana kesatuannya merekrut 800 petugas polisi baru dengan jaminan bahwa 30 persennya berasal dari etnis minoritas. Tercatat, saat ini, hanya ada sembilan persen dari 7.000 polisi West Midlands dari etnis minoritas.

(Sikah/Pojoksatu)