Video Kudeta Turki: Ribuan Warga Rampas Tank Tentara di Dekat Bandara

Kudeta militer Turki
Kudeta militer Turki. Foto Reuters

POJOKSATU.id, TURKI – Ribuan warga Turki turun ke jalan menolak kudeta yang dilancarkan militer Turki. Mereka berani menghadapi militer Turki dengan tangan kosong.

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak ribuan warga Turki menahan, memanjat dan merampas tank yang digunakan militer Turki. Mereka memaksa militer Turki keluar dari dalam tank di dekat bandara.

Aksi itu mendapat sambutan meriah dari ribuan warga. Hingga kini, kudeta yang dilancarkan militer Turki masih berlangsung.

Jet militer terlihat terbang rendah rendah di atas jembatan utama kota di Istanbul yang telah ditutup. Kepala militer mengklaim mereka telah mengambil kontrol kota tersebut.


Tembakan dilaporkan terjadi di ibukota Turki, Ankara, saat pesawat jet terlihat terbang di atas dan tank-tank berkeliaran di jalanan.

Seperti dikutip dari Mirror.co.uk, jam malam diberlakukan dengan hukum militer di tempat, internet dibatasi dan orang-orang diminta tetap berada di dalam rumah. Jembatan Bosphorus Istanbul dan Jembatan Fatih Sultan Mehmet telah ditutup.

Namun Presiden Turki, Tayyip Erdogan tetap menyerukan para pendukungnya untuk turun ke jalanan melawan para tentara yang berusaha mengambil kontrol negara tersebut.

Perdana Menteri Binali Yildririm mengatakan, mereka yang bertanggung jawab atas apa digambarkannya sebagai upaya kudeta, adalah faksi di dalam militer yang akan membayar dengan harga tinggi.

Yildririm juga berkata bahwa mereka tidak akan membiarkan tindakan apapun yang mengganggu demokrasi.

Berikut ini video ribuan warga Turki merampas tank tentara di dekat bandara:

(one/pojoksatu)