Zat carbyne sebagai ‘material ajaib’ berhasil disintesis

Foto Ilustrasi: Zat
Foto Ilustrasi: Zat

POJOKSATU.id, INGGRIS- Ilmuwan berhasil melakukan sintesis zat dari unsur karbon berupa Zat carbyne. Melansir dari Science Alert, Rabu (13/4/2016), Zat paling kuat ini digadang-gadang akan sangat berguna di masa depan. Tim peneliti internasional ini bahkan menyebut carbyne sebagai ‘material ajaib’.

Telah lama, ilmuwan berhasil menciptakan karbon alotrop yang bisa membuat bahan menjadi super awet yakni carbyne.

Alasan bahwa carbyne sulit disintesis adalah karena bahan ini sangat tidak stabil. Ini adalah rantai karbon satu dimensi yang ditemkan oleh Adolf von Baeyer pada ahun 1885. Berdasarkan hipotesa, bahan ini memiliki reaktivitas yang tinggi sehingga mudah hancur.

Carbyne diasumsikan memiliki sifat kaku hingga 2 kali dibandingkan grafin, 40 kali lebih keras dibandingkan berlian dan memiliki kekuatan tarik yang lebih besar dibandingkan bahan karbon lainnya. Dengan sifat zat yang demikian, ilmuwan cukup merasa sulit untuk membuat zat ini dalam skala labotorium.


Namun, kini tim peneliti internasional menemukan cara untuk memproduksi secara massal carbyne. Tim mengambil dua lapis grafin, lalu menekan dua lapisan itu bersama, digulung menjadi tipis menjadi karbon nanotube berdinding ganda. Nanotube ini kemudian dililitkan pada atom dan melindungi carbyne dari zat-zat lain yang mengganggu,

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Materials. Sebelumnya, rekor jumlah atom karbon yang terdapat dalam satu rantai berjumlah 100. Kini, rekor tersebut dikalahkan dengan metode baru yang menghasilkan carbyne. Metode baru ini mampu menghasilkan satu rantai tunggal dengan jumlah atom hingga 6.400 unit carbon.

(Sikah/Pojoksatu)