Ledakan di Dekat Piramida Giza Tewaskan 10 Orang

Piramida Giza

POJOKSATU.id, KAIRO – Kota Kairo diguncang ledakan hebat Kamis malam (21/1/2016). Ledakan bom tersebut terjadi di dekat lokasi wisata bersejarah Piramida Giza, Mesir.

Hingga saat ini, sedikitnya 10 orang dipastikan tewas akibat ledakan tersebut.  Tujuh di antaranya adalah petugas kepolisian setempat dan tiga lagi warga sipil. Demikian informasi terbaru yang dilaporkan Ahram Online, Jumat (22/1/2016).

“Seorang warga sipil yang tinggal di dalam gedung terbunuh saat ledakan terjadi. Dua mayat dalam kondisi hangus ditemukan di dalam apartemen.

Bom itu meledak tepat saat polisi sampai di depan bangunan piramida, di mana para pelaku diduga masih bersembunyi. Tiga polisi yang maju duluan, meninggal di tempat. Sementara 13 orang lainnya terluka, dua korban dalam kondisi kritis.


“Bom waktu itu diletakkan oleh kelompok teroris Ikhwanul Muslimin. Mereka meninggalkan lokasi, segera setelahnya. Saat pasukan keamanan mencoba untuk menyisir lokasi persembunyian tersebut, yang terjadi adalah ledakan,” tutur Menteri Dalam Negeri Mesir Magdy Abdel Ghaffar, dikutip dari The Guardian.

Ikhwanul Muslimin telah meningkatkan serangan terhadap tentara Mesir dan polisi sejak tentara menggulingkan Presiden Morsi pada tahun 2013. Sebagai efek domino Arab Spring yang berawal di Tunisia, guna menggulingkan diktator-diktator di Negara Timur Tengah.

Pihak keamanan ditugaskan untuk terus mengawasi dan memeriksa lebih dari 5.000 rumah warga di pusat kota Kairo sebagai tindak pencegahan terorisme maupun aksi pemberontakan lain selama 10 hari terakhir.

(Ahram/guardian/pojoksatu)