Turnamen Tenis Grand Slam Australia Terbuka Melawan Udara Panas

Turnamen Tenis Grand Slam Australia Terbuka Melawan Udara Panas
Turnamen Tenis Grand Slam Australia Terbuka Melawan Udara Panas

POJOKSATU.id, AUSTRALIA- Setiap tahunnya, di Australia terdapat Turnamen tenis Grand Slam Australia Terbuka, namun, yang menajadi tantangan palig utama dalam turnamen tersebut adalah suhu udara yang panas menyengat. Begitu pula tahun ini, diprediksi suhu udara sudah panas sejak hari pertama.

Bahkan peraturan khusus terkait suhu udara yang menyengat itu dengan extreme heat policy-nya telah dibuat. Jika suhu udara sangat tinggi, sampai 40 derajat celcius, terjadi di tengah pertandingan wasit bisa menghentikan pertandingan.

Kebijakan penghentian pertandingan juga dihitung lagi dengan mempertimbangkan Faktor Wet Bulb Globe Temperature (WGBT). Panas tidaknya kondisi di lapangan tak hanya berdasarkan suhu udara, tapi juga dengan menilik pergerakan angin, kelembaban udara, arah datangnya sinar matahari, kadar radiasi matahari, dan kecepatan angin. Jika WGBT melebihi 32,5 maka wasit berhak menghentikan pertandingan.

Pertandingan sempat ditunda karena suhu udara mencapai 42,2 derajat celcius, sangat panas. Sehingga para petenis top yang sudah berlatih juga sudah berkenalan dengan suhu superpanas itu.


Itulah Ancaman panas di Australia Terbuka tahun yang dirasakan para petenis yang di hari pertama babak kualifikasi, Rabu (13/1/2016),

AccuWeather memprediksi Australia Terbuka sudah panas sejak awal-awal pergelaran, meskipun pada Senin (18/1/2016) belum terlalu menyengat. Suhu udara diperkirakan tak mencapai 40 derajat celcius.

“Hari-hari awal gelaran Australia Terbuka, pada Senin dan Selasa, cuaca akan panas dan berangin,” kata ahli meteorologi AccuWeather–perusahaan penyedia perkiraan cuaca yang bermarkas di Amerika Serikat–seperti dikutip situs mereka.

Diperkirakan suhu udara akan berkisar di sekitar 30 derajat celcius di hari Senin. Barulah di hari berikutnya suhu udara melonjak hingga 37 derajat celcius. Suhu udara itu akan disertai dengan angin plus kelembaban yang rendah.

Pihak penyelenggara bahkan sudah wanti-wanti kepada penonton agar tak salah pilih kostum ketika datang ke Melbourne park nanti. Para penonton dianjurkan mengenakan pakaian cerah dan berbekal air minum. Tak perlu khawatir soal isi ulang air minum, kran-kran air siap minum tersedia di beberapa titik di Melbourne Park.

(Sikah/Pojoksatu)