Pilot Perempuan Pertama Pesawat Tempur Pakistan Meninggal Kecelakaan

Ilustrasi pilot pesawat tempur
Ilustrasi pilot pesawat tempur

POJOKSATU.id, PAKISTAN – Belum lama Pakistan berbangga karena memiliki pilot pesawat tempur seorang perempuan untuk pertama kalinya, kini Pakistan harus berduka.

Pilot perempuan bernama Marium Mukhtiar ini meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat tempur yang diawakinya sendiri.

Kecelakaan ini terjadi pada Selasa (24/11/2015) saat itu Mukhtiar dalam misi latihan rutin di atas wilayah udara Distrik Mianwali, Provinsi Punjab.

pilot pesawat, Pesawat Tempur, Berita Terkini, berita internasional terkini,

Marium Mukhtiar, pilot perempuan pertama milik Pakistan yang mengawaki pesawat tempur.

Sebenarnya, Mukthiar dan co-pilot nya berhasil menyelamatkan diri. Namun dia harus dirawat di rumah sakit dan akhirnya meninggal karena luka yang dideritanya.

Jasadnya pun dibawa ke Karachi dengan melangsungkan upacara pemakaman militer. Dalam upacara itu, tampak atasan dan rekan pilot perempuan lainnya.

Perempuan berusia 24 tahun itu merupakan bagian dari 20 pilot tempur di Angkatan Udara Pakistan (PAF). PAF baru menerima pilot tempur perempuan pada 2006 lalu.

Tidak diketahui apa penyebab jatuhnya pesawat yang dipiloti Mukhtiar bisa jatuh. Sementara co-pilot pria yang terbang bersamanya, saat ini dirawat atas luka yang diderita.

Kepala Angkatan Udara Pakistan Jenderal Raheel Shareef memuji dan mengucapkan belasungkawa atas kematian Mukhtiar kepada keluarganya.

“Dia adalah sosok panutan bagi perempuan dan kebanggaan Pakistan,” tutur Shareef, Rabu (25/11/2015).

(AFP/yaz)

Loading...