Bawa Bendera Mirip Isis, WNI Jamaah Umroh Ditahan di Brunei

ISIS
Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Seorang jamaah umroh pria asal Malang, Jawa Timur yang ditangkap National Security Agency Brunei Darussalam masih ditahan. Pria berinisia RTK (63) diamankan di Bandara Bandar Seri Begawan, karena kedapatan membawa bendera mirip ISIS dan benda mirip bahan peledak.

“Masih ditahan, di bawah National Security Agency Brunei. Kena kasus subversif,” jelas Direktur Perlindungan WNI Lalu M Iqbal, Kamis (7/5).

RTK bersama rombongannya hendak umroh naik pesawat Royal Brunei dari Surabaya. Dari Bandara Juanda Surabaya perjalanan aman. Namun saat di Brunei, dan hendak pindah pesawat, petugas menemukan benda mencurigakan di tasnya.

RTK diamankan pada 2 Mei pukul 09.00 waktu setempat. Bukan hanya RTK, sebelumnya ada dua orang lainnya yang ikut diamankan, namun kemudian dilepas dan hanya RTK saja yang diamankan.


“Kami belum bisa bertemu dengan bapak ini. Permintaan konsuler sudah dilakukan. Jadi kami belum tahu alasan bapak ini bawa benda itu,” tegas dia.

Iqbal juga mengaku belum mengetahui berapa berat hukuman yang akan dihadapi RTK. Pastinya, pihak Kemlu terus melakukan pemantauan.
(ril)