Besok, Singapura Jadi Kota Mati

Berita Terkini, singapura,
Warga Singapura memberikan penghormatan terakhir pada Lee Kuan Yew. | Foto: AFP
Berita Terkini, singapura,
Warga Singapura memberikan penghormatan terakhir pada Lee Kuan Yew. | Foto: AFP

POJOKSATU – Duka mendalam warga Singapura atas kematian Bapak Bangsa Lee Kuan Yew akan mencapai puncak Minggu besok (29/3). Singapura yang biasanya gemerlap dan selalu sibuk bakal hening dan bersiap menjadi ’’kota mati’’. Kegiatan sosial, bisnis, hiburan, serta politik ditiadakan sebagai bentuk penghormatan warga Negeri Singa atas pemakaman kenegaraan bagi orang yang paling mereka cintai dan hormati tersebut.

Mengutip Straits Times, pada hari itu, pusat perbelanjaan Metro akan menutup lima gerainya yang tersebar di seluruh Singapura. ’’Kami merasa harus melakukannya sebagai tanda penghormatan. Karyawan juga akan mendapat hari libur agar bisa menunjukkan apresiasi,’’ kata Manajer Iklan dan Promosi Metro Veronica Lee. Kegiatan mereka akan kembali normal pada Senin, 30 Maret 2015.

City Developments, sebuah perusahaan pengembang, membatalkan kegiatan earth hour mereka di City Square Mall yang rencananya digelar hari ini. Tiga pengecer di The Shoppes at Marina Bay Sands pun menunda acara mereka. Di antaranya, kampanye pemasaran di seluruh Pulau Cath Kidston dan pembukaan toko resmi Kate Spade New York.

Hal yang sama dilakukan perusahaan lotre Singapore Pools. Seluruh cabang, gerai resmi, ritel, dan kantor pusat LiveWIRE juga akan ditutup pada Minggu besok demi Lee. Layanan utama mereka tidak akan tersedia. Hanya layanan 4D yang disediakan pukul 06.30 hari itu.


Lee meninggal pada 23 Maret lalu dalam usia 91 tahun. Banyak pemimpin dunia, termasuk Presiden Jokowi, yang bakal menghadiri pemakamannya. (ap/bil/c5/kim/dep)