Ini Jajaran Pemimpin Negara yang akan Hadiri Pemakaman Lee Kuan Yew

Berita Terkini, singapura,
Warga Singapura memberikan penghormatan terakhir pada Lee Kuan Yew. | Foto: AFP
Berita Terkini, singapura,
Warga Singapura memberikan penghormatan terakhir pada Lee Kuan Yew. | Foto: AFP

POJOKSATU – Sejumlah pemimpin negara, diplomat, serta pejabat tinggi akan hadir pada acara pemakaman mendiang Lee Kuan Yew lusa Minggu, (29/3).

Dari Asia Tenggara, selain Presiden Indonesia Joko Widodo, Raja Malaysia Abdul Halim juga akan hadir di pemakaman yang digelar di University Cultural Centre (UCC). Selain itu, Presiden Myanmar Thein Sein, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen juga mengkonfirmasi hadir.

Sementara itu dari kawasan Asia Timur, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korea Selatan Park Geun-serta delegasi pejabat tinggi dari Tiongkok juga akan hadir dalam upacara yang digelar pada pukul 14.00 hingga 17.15 waktu setempat. Namun demikian belum jelas siapa delegasi yang akan mewakili negeri Tirai Bambu.

Perdana Menteri Tony Abbott dan Perdana Menteri India Narendra Modi juga masuk dalam daftar tamu yang akan hadir.


Dari Amerika Serikat, Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah mengumumkan Delegasi Presiden untuk berpartisipasi dalam upacara pemakaman. Memimpin delegasi adalah mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, dan mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger, yang merupakan teman dekat Lee.

Komisi Tinggi Inggris di Singapura pada hari ini (Jumat, 27/3) mengumumkan bahwa Sekretaris Pertama Negeri William Hague akan mewakili Inggris di pemakaman Lee.

Seperti dimuat Channel News Asia, upacara pemakaman Lee akan didahului oleh Prosesi Pemakaman dari Gedung Parlemen ke UCC, yang akan dimulai pada 12:30 dan menempuh jarak 15.4km. (mel/rmol/dep)