CIA: ISIS Semakin Kuat karena Media Sosial

ISIS
ISIS
Tentara ISIS
Tentara ISIS

POJOKSATU – Internet mempunyai pengaruh yang luar biasa dalam menghambat ataupun menyebarkan kampanye Negara Islam dan paham terorisme.

Demikian disampaikan Direktur Central Intelligence Agency (CIA) atau badan intelijen Amerika Serikat, John Brennan, ketika berbicara di Dewan Hubungan Luar Negeri AS, kemarin waktu setempat, dikutip dari RT.com

Dia mengatakan kelompok yang menamakan dirinya Negara Islam atau ISIS begitu sukses bertahan karena telah memiliki alat perjuangan yang baru seperti media sosial, yang memungkinkan ide-ide mereka menyebar secara transnasional dalam waktu cepat.

Ditegaskannya, yang membuat terorisme begitu sulit untuk dilawan bukan hanya ideologi atau taktik. Tetapi juga kekuatan komunikasi modern juga memainkan peran.


“Teknologi baru dapat membantu kelompok-kelompok seperti ISIS, mengkoordinasikan operasi, menarik anggota baru, menyebarkan propaganda dan menginspirasi simpatisan di seluruh dunia untuk bertindak atas nama mereka,” tambahnya.

Brennan menggambarkan kelompok ISIS dilengkapi dengan senjata dan keuangan yang sangat baik.

Dia juga mengakui ISIS dapat menimbulkan bahaya yang serius tidak hanya untuk Suriah dan Irak, tetapi untuk daerah yang lebih luas, termasuk ancaman serangan di Amerika Serikat dan mitra-mitranya. (ald/rmol/dep)