Bentrok dengan Militan ISIS, 26 Tentara Irak Tewas

Militan ISIS
Militan ISIS
Militan ISIS

POJOKSATU – Sebanyak 26 anggota pasukan keamanan Irak tewas dan 72 lagi cedera dalam bentrokan dengan anggota Negara Islam (IS) pada Jumat 913/3) di Irak Utara, kata beberapa sumber keamanan.

Seperti dilansir dari Xinhuanet, Sabtu pagi (14/3), satu sumber keamanan mengatakan bahwa pasukan Irak pada Jumat melanjutkan serangan mereka terhadap Tikrit, ibukota Provinsi Salahudin.

Tiga anggota pasukan keamanan tewas dan empat lagi cedera dalam bentrokan dengan petempur ISIS di dekat Rumah Sakit Tikrit, serta enam anggota pasukan keamanan juga tewas dan 11 orang lagi cedera dalam satu serangan bom bunuh diri di bagian barat kota tersebut.

Puluhan gerilyawan tewas dalam pertempuran itu, tapi jumlah pastinya belum diketahui untuk sementara ini.


Sumber tersebut mengatakan militan ISIS melancarkan serangan di dekat satu jalan rayat di sebelah barat-daya Samarra, kota terbesar kedua di Provinsi Salahudin. Tapi serangan itu digagalkan oleh pasukan keamanan.

Delapan personel pasukan keamanan dan sembilan gerilyawan fanatik tewas dalam beberapa bentrokan, dan 14 prajurit lagi cedera.

Sumber tersebut menambahkan sembilan anggota pasukan keamanan Kurdi tewas dan 53 lagi cedera dalam bentrokan dengan militan ISIS di sebelah barat-daya Kirkuk, sekitar 250 kilometer dari Ibu Kota Irak, Baghdad. Saat itu pasukan keamanan Irak mengepung dan berusaha membebaskan beberapa desa yang diduduki oleh ISIS.

Sebanyak 30 ribu prjurit Irak dan ribuan anggota milisi Sunni dan Syiah sekutunya telah terlibat dalam serangan selama satu pekan untuk merebut kembali Tikrit dan beberapa desa serta kota kecil lain yang penting di Provinsi Salahudin di bagian utara Irak dari militan ISIS.

Banyak bagian provinsi tersebut telah dikuasai IS sejak Juni 2014, setelah bentrokan berdarah meletus antara pasukan keamanan Irak dan kelompok IS.

Kelompok fanatik itu telah merebut Kota Mosul di Irak Utara dan belakangan merebut banyak wilayah di Nineveh serta provinsi lain yang kebanyakan warganya adalah penganut Sunni.(wid/rmol/dep)