14 Jenasah WNI Korban Oryong 501 Tiba di Korsel

153919_706853_oryong

POJOKSATU- Korban tenggelamnya kapal pencari ikan Oryong 501 telah tiba di Busan, Korea Selatan, Jumat (26/12) pagi. Termasuk di antaranya 17 WNI yang terdiri dari 14 korban meninggal dunia dan tiga korban selamat.

Menurut Kementerian Luar Negeri, WNI yang selamat dipastikan berada dalam kondisi sehat. Sementara 14 jenasah WNI akan segera diidentifikasi oleh pihak setempat.

Saat ini, Wakil Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Cecep Herawan sudah berada di Busan untuk lakukan pendampingan.


“Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi juga telah melakukan pembicaraan telepon dengan tiga ABK selamat, serta menekankan bahwa pemerintah akan terus melakukan pendampingan, pengurusan jenasah serta melakukan komunikasi dengan keluarga korban,” tulis pihak Kementerian Luar Negeri dalam keterangan pers, Jumat (26/12).

Pemerintah juga akan terlibat langsung dalam proses identifikasi 14 jenasah WNI. Hari ini tim DVI (Disaster Victim Identification) Indonesia rencanannya akan berangkat ke Busan.

Kementerian Luar Negeri juga menginformasikan bahwa proses pencarian korban Oryong 501 masih dilakukan di wilayah Laut Bering. Namun, sejauh ini belum ada korban lagi yang berhasil ditemukan.

Seperti diketahui, total ada 35 orang WNI yang bekerja sebagai awak kapal di Oryong 501. Sampai sekarang masih ada 18 WNI yang belum diketahui nasibnya. (dil/jpnn)