Penyidik Polri Periksa Denny sebagai Tersangka Hari Ini

Denny Indrayana
Denny Indrayana
Denny Indrayana
Denny Indrayana

POJOKSATU – Penyidik Bareskrim Polri akan memeriksa Denny Indrayana hari ini Jumat, (27/3).

Ini merupakan pemeriksaan perdana mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM tersebut sebagai tersangka kasus payment gateway.

Denny ditetapkan sebagai tersangka awal pekan lalu setelah penyidik mendapatkan keterangan saksi-saksi, salah satunya mantan Menkumham Amir Syamsuddin.

Beberapa dokumen juga ditemukan ada indikasi kuat keterlibatan Denny dalam kasus korupsi payment gateway yang ditaksir menelan kerugian negara mencapai Rp 32 miliar.


Selain itu, penyidik juga melihat adanya keterlibatan Denny, sebagai pihak yang mengarahkan melakukan dan memfasilitasi, dimana proyek sebelumnya dianggap kurang bagus.

Sebelumnya, pengacara Denny, Defrizal, memastikan tidak ada kerugian negara dari pelaksanaan payment gateway itu tersebut. Dia menepis Rp 32 miliar yang disebut-sebut jumlah kerugian negara berdasarkan audit BPK.

“Justru angka itu adalah angka PNBP (penerimaan negara bukan pajak) dan itu tentunya sudah disetorkan ke negara,” tegasnya.

Sedangkan terkait pungutan Rp 5.000 kepada pembuat paspor mengenai payment gateway, itu merupakan pilihan bagi masyarakat. Dia menjelaskan, masyarakat tidak perlu membayar Rp 5.000 kalau memilih jalur manual. (zul/rmol/dep)