Artis Senior Ini Dilaporkan ke Polisi

Emilia Contesa 1

POJOKSATU.id, SURABAYA – Artis senior sekaligus penyanyi yang kini menjadi anggota DPD RI, Emilia Contessa, tersandung masalah. Ibu kandung artis Denada itu dilaporkan Romi Gunawan, warga Rungkut, Surabaya, ke Polda Jatim.

Dalam laporannya, Romi menyebut bahwa Emilia dan ibunya, Soesijani, diduga memberikan sumpah dan keterangan palsu terkait status tanah di Banyuwangi. Laporan itu tertuang dalam tanda bukti lapor nomor TBL/403/III/2015/UM/JTM, Selasa 17 Maret 2015.

Keduanya dilaporkan melanggarPasal 242 dan 378 KUHP. “Kami melaporkan Emilia dan ibunya karena memberikan sumpah dan keterangan palsu,” kata kuasa hukum Romi Gunawan, Raymond Steven Runtukahu, Selasa (24/3).


Raymond menerangkan bahwa kliennya membeli lahan milik Soesijani seluas 18.020 meter persegi di Desa Klatak, Kecamatan Giri, Banyuwangi
pada 1990. Jual beli tersebut dilakukan di hadapan notarisV, Ratna Handayani, sesuai akta perikatan jual beli nomor 138 pada 24 Juli 1990.

Sengketa yang melibatkan keluarga artis tersebut muncul, ketika Romi ingin mengagunkan lahan bersertifikat SHM nomor 176 pada 1995. “PakRomi ingin mengagunkan ke bank. Sebab, sertifikat itu masih atas nama Soesijani. Bank konfirmasi ke Soesijani,” tuturnya.

Berita Terkini, Politik, Wanita
Kuasa hukum Romy Gunawan, Raymond Steven Runtukahu menunjukkan surat tanda lapor ke Polda Jatim.

 

Namun, Bu Soesijani kemudian menelepon Romi. Intinya, Soesijani minta bagian 1/3 dari nilai pinjaman bank.

“Tapi, klien kami menolaknya,” jelas Raymond.

Sekitar 2000-2001, Romi dilaporkan Soesijani ke Polres Banyuwangi terkait kasus penggelapan. Namun, sampai sekarang kasus tersebut mandek.
Pada 2002, Romi pun balik melaporkan Soesijani ke Polres Banyuwangi.

Namun, Soesijani malah membuat sumpah di depan pejabat BPN bahwa sertifikatnya hilang. “Faktanya, sertifikatnya sudah dipegang Pak Romi,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa sertifikat lahan seluas 18.020 meter persegi tersebut disita penyidik Polres Banyuwangi pada 2005. Penyidik menyerahkan ke BPN Banyuwangi pada Maret 2013.

Sementara itu, Affandi Gunawan, putra Romi, menambahkan bahwa Emilia dan Soesijani sudah kenal lama dengan keluarganya. Namun, pihaknya terpaksa melaporkannya ke Polda Jatim karena tidak ada iktikad baik dari keluarga Emilia Contessa.

“Yang kami inginkan kasus ini clear dan sertifikat kembali ke orang tua saya sesuai haknya,” jelas Affandi. (yua/c2/ono)