Jhonny G Plate Mangkir dari Pemeriksaan Kejagung Soal Dugaan Korupsi BAKTI Kominfo

Menteri Komunikas dan Informatika (Kominfo) Jhonny G Plate tersandung kasus korupsi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Komunikas dan Informatika (Kominfo) Jhonny G Plate mangkir dari panggilan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan korupsi.

Jhonny sedianya akan diperiksa pada hari ini, Kamis (9/2/2023) terkait pemeriksaan dugaan korupsi
penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4.

Kemudian 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 2020-2022.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan Jhonny tak menghadiri pemeriksaan karena beralasan mendampingi Presiden Joko Widodo dalam perayaan Hari Pers Nasional (HPN 2023) di Medan.


“Alsan yang disampaikan oleh Beliau yaitu adalah bahwa pada hari ini beliau dampingi bapak Presiden RI dalam acara Puncak Press nasional di Medan,” kata Ketut kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

“Saya berkoordinasi dengan tim Jampidsus dan mendapatkan surat yang dikirim oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo terkait dengan ketidakhadiran daripada saksi JGP untuk diperiksa pada hari ini,” ujar dia.

Politisi Partai NasDem itu juga mememastikan bahwa dirinya tidak bisa menghadiri pemeriksaan pada pekan depan karena akan menghadiri agenda Komisi I DPR RI.

“Yang kedua mewakili pemerintah dalam rapat kerja dengan komisi I DPR RI yang diagendakan penjelasan pemerintah terhadap RUU tentang perubahan kedua UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dijadwalkan hari Senin tanggal 13 Februari 202 3 pukul 13.00,” ucap dia.

Kendati demikian, Johnny tengah memastikan kehadirannya ke Kejagung pada Selasa 14 Februari mendatang.

“Artinya beliau juga menyampaikan bahwa akan hadir dan sanggup hadir pada Selasa 14 Februari 2023,” pungkasnya.

Diketahui, Kejagung menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menkominfo Johnny G Plate terkait dugaan korupsi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo hari ini, Kamis 9 Februari 2023.

Merespons panggilan itu, Menkominfo Johnny G Plate memastikan dirinya akan memenuhi panggilan dari penyidik Korps Adhyaksa.

Johnny akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 2,3,4 dan 5 BAKTI Kominfo.

“Jika dibutuhkan keterangan maka akan hadir pada jadwal yang sesuai,” ujar Rabu, 8 Februari 2023. (Mufit/Pojoksatu)