Tipu Daya Wawan Cs Yakinkan Belasan TKW Uangnya Bisa Digandakan Lewat Peran Aki Banyu

Tampang pembunuh berantai Bekasi dan Cianjur mulai dari kiri ke kanan antara lain Dede, Wowon atau Wawan dan Duloh (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Polisi mengungkap peran baru Wawan atau Wowon (60) sebagai ‘Aki Banyu’ yang memiliki kekuatan supranatural dalam aksi tipu daya belasan TKW.

Lewat peran ‘Aki Banyu’, Wawan meminta korban menceburkan diri ke laut dengan dalih kesuksesan. Ada yang jadi korban, ada yang selamat dari aksi Wawan Cs ini.

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan salah satu saksi yang hampir menjadi korban bercerita diperintahkan Aki Banyu, yang tak lain adalah Wowon, untuk menyeberang laut dan berdiri di pinggiran kapal.

Saksi tersebut batal melakukan hal tersebut karena curiga akan didorong ke laut.


“Kemudian, untuk meraih kesuksesan, harus menyeberang ke laut. Tapi salah satu saksi ada yang menyampaikan ‘pada saat itu saya disuruh di pinggir kapal-kapal, saya curiga akan didorong ke laut’,” kata Kombes Hengki kepada wartawan, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga :

Foto Ai Maemunah, Anak Tiri Wowon yang Dinikahinya dan Akhirnya Dibunuh di Bekasi

Saat dimintai konfirmasi dalam pemeriksaan, kepada penyidik Wowonmengaku memang meminta para korban terjun ke laut agar sukses.

“Jadi kalau itu sudah dibawa ke sana, itu salah satu modus pembunuhan yang akan dipraktikkan oleh kelompok ini dengan cara menghasut untuk terjun ke laut,” imbuhnya.

Dua korban yang merupakan TKW dalam kasus pembunuhan berencana Bekasi dan Cianjur ini yaitu Siti dan Noneng alias Nonik.

Keduanya ‘nyebur’ ke laut, salah satunya Noneng selamat, namun akhirnya dibunuh juga oleh Wowon cs.

 

Diperlihatkan Uang di Dalam Amplop

Terungkap siasat Wowon menjaring dan meyakinkan para korbannya yang merupakan tenaga kerja wanita (TKW) hingga percaya bisa gandakan kekayaan.

Kombes Hengki Haryadi mengatakan para korban diperlihatkan jika tersangka Wowon menggandakan nominal uang di dalam amplop.

“Mereka ini pola penipuannya kepada para korban awalnya bertemu dengan tersangka Wowon. Kemudian tersangka Wowon ini bisa seolah-olah merubah jumlah uang yang ada dalam amplop,” kata Hengki.

“Misalnya seribu tiba-tiba dibuat sedemikian rupa isinya bisa menjadi sepuluh ribu,” kata Hengki.

Selain itu, para korban penipuan Wawan Cs ini juga diyakinkan dengan harta-harta Wowon seperti mobil hingga rumah yang sebenarnya bukan miliknya. (ikror/pojoksatu)